Sabtu, 06 Mei 2017

Ulasan 2

GET TO KNOW : Linux Boot Process


Video yang akan dibahas dalam ulasan ini bersumber dari kanal YouTube HandsonERP. Video ini membahas proses booting pada Linux oleh Hasan Mir. Dengan durasi sepanjang 5 menit 14 detik, video yang diunggah pada 25 Juni 2013 ini telah dilihat oleh 75.314 orang. Video dapat diakses melalui pranala http://youtu.be/ZtVpz5VWjAs.

Video ini menjelaskan enam tahap proses booting pada Linux yaitu BIOS, MBR, GRUB, Kernel, Init, dan Runlevel. BIOS melaksanakan pengecekan pada perangkat dan sistem komputer, me-load, dan menjalankan MBR boot loader. Setelah itu, GRUB me-load dan menjalankan GRUB boot loader yang dapat menjembatani pengguna untuk memilih kernel image (apabila terdapat lebih dari satu). GRUB boot loader nantinya akan me-load dan menjalankan kernel dan initrd images. Tahap terakhir dalam proses booting pada Linux adalah eksekusi runlevel program.

Penjelasan pada video ini tergolong singkat, tetapi cukup memberikan pemahaman terkait materi yang dibahas. Tampilan dan animasi yang diberikan video juga menarik dan bisa memperjelas perkataan penutur. Meski minim ilustrasi, video ini mampu membuat penontonnya tidak kehilangan fokus dikarenakan tipografi dan pembahasan materi yang lugas.

Akun Github pengulas : safitridifa
URL video : http://youtu.be/ZtVpz5VWjAs (5:14)
Video author : HandsonERP
Pemetaan : week03
Revisi Pertama : 6 Mei 2017
Revisi Terakhir : 6 Mei 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar