Sabtu, 06 Mei 2017

Ulasan 1

RAID IN A NUTSHELL : All About RAID


Video yang akan dibahas dalam ulasan ini bersumber dari kanal YouTube Iomega Corporation. Sesuai dengan judulnya, All About RAID, video tersebut menampilkan penjelasan terkait RAID oleh Bill Hansen. Dengan durasi sepanjang 3 menit 43 detik, video yang diunggah pada 29 Juli 2010 ini telah dilihat oleh 174.168 orang. Video dapat diakses melalui pranala http://youtu.be/PP0iQs8qBNU.

Setelah diawali oleh penjelasan RAID secara umum, video ini menjabarkan secara singkat istilah-istilah yang sangat berhubungan dengan sistem tersebut (striping, mirroring, dan fault tolerance). Teknik penyimpanan data yang identik ke dalam lebih dari satu disk disebut mirroring. Berbeda dengan mirroring, striping adalah memecah data ke beberapa disk. Fault tolerance saya simpulkan sebagai metode untuk mengembalikan data yang hilang dengan menggunakan parity.

Video ini juga memaparkan perbedaan antara RAID 0, RAID 1, RAID 5, RAID 6, dan RAID 10. Dijelaskan pula keuntungan dan konsekuensi dari penggunaan setiap RAID, misalnya RAID 0 yang bekerja dengan cepat tetapi kurang direkomendasikan karena alasan keamanan. Untuk memaksimalkan kinerja RAID, kita juga bisa menggunakan kombinasi dari RAID yang sudah ada, misalnya RAID 10 yang menggunakan mirroring dan striping.

Sebagai Global Product Manager dari Iomega Corporation, Bill Hansen menyampaikan isi video dengan baik dan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Ilustrasi yang digunakan sangat membantu saya dalam memahami penjelasan materi. Meski tergolong singkat, video ini mampu memberikan penjelasan yang padat dan menyeluruh terkait RAID secara garis besar.

Akun Github pengulas : safitridifa
URL video : http://youtu.be/PP0iQs8qBNU (3:43)
Video author : Iomega Corporation
Pemetaan : week09
Revisi Pertama : 6 Mei 2017
Revisi Terakhir : 6 Mei 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar